Tahun ini, 4.502 lulusan STAN disiapkan jadi CPNS di 10 Kementerian/Lembaga

Tahun ini, 4.502 lulusan Politeknik Keuangan Negara (PKN) STAN siap mengisi kekosongan formasi sebagai Aparatur Sipil Negara (ASN), di 10 Kementerian dan Lembaga (K/L). Hari ini dan besok, 4.502 lulusan PKN STAN menjalani prosesi wisuda yang dibagi dua gelombang.



Direktur PKN STAN Rahmadi Murwanto menjelaskan, sedikitnya 4.502 wisudawan berhasil menempuh program studi dan lulus dengan hasil baik. "Wisudawan tahun ini sekitar 4.502 mahasiswa akan melalui proses pengukuhan yang dibagi dalam dua hari pelaksanaan," katanya di Gedung Student Center (SC) PKN STAN Jalan Bintaro Utama Sektor V, Bintaro Jaya, Tangerang Selatan, Selasa (3/10).

Menurut dia, pada gelombang pertama wisuda PKN STAN ini akan diikuti oleh 2.318 mahasiswa dan pada hari kedua akan diikuti oleh 2.184 mahasiswa PKN STAN. "Sebelumnya kami dikenal dengan Sekolah Tinggi Akuntansi Negara (STAN), yang diketahui sebagai perguruan tinggi kedinasan yang menghasilkan lulusan dalam bidang pengelolaan keuangan negara," kata dia.

Dia menambahkan, para lulusan PKN STAN itu nantinya tidak hanya ditempatkan di Kementerian Keuangan RI tapi juga di 10 K/L lainnya. Adapun 10 Kementerian atau Lembaga itu adalah, Badan Pemeriksa Keuangan, Badan Pengawas Keuangan dan Pembangunan, Kementerian Perhubungan, Kementerian Koordinator Bidang Perekonomian, Kementerian Pertahanan, Kementerian Pemberdayaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi, Kementerian Koordinator Bidang Kemaritiman, Kementerian Perencanaan Pembangunan Nasional/BAPPENAS, Badan Narkotika Nasional, dan Badan Ekonomi Kreatif. 

Rahmadi menuturkan, penempatan lulusan PKN STAN pada instansi-instansi tersebut merupakan bentuk komitmen PKN STAN untuk dapat menambah kekuatan sumber daya manusia sekaligus meningkatkan kapasitas pengelolaan keuangan negara di republik ini. 

"Lulusan PKN STAN diharapkan untuk dapat melaksanakan tugas secara profesional dan berintegritas dan mempunyai pengaruh positif tidak hanya di lingkungan organisasi publik tetapi juga di kehidupan bermasyarakat," ucapnya.

Hadir dalam upacara wisuda tersebut, Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati, Sekretaris Jenderal Kemenkeu Hadiyanto, Kepala Badan Pendidikan Pelatihan Keuangan Astera Prima, Direktur PKN STAN Rahmadi Murwanto, Irjen Kemenkeu Sumiyati.

Komentar